Add me on Google+
Add me on Facebook

Mengenal Bahasa Erlang di Linux

Posted by Labels: at
Tulisan ini akan membahas pengenalan bahasa pemrograman Erlang. Terdengar asing mungkin bagi sebagian besar pembaca (bahkan penulis sendiri juga baru mengenalnya). Namun inilah dunia linux dan open source. Dunia di mana limpahan ilmu pengetahuannya begitu besar, tak akan habis digali dan dipelajari jika kita mau berusaha untuk menggali dan mempelajarinya.
Menurut situs Erlang di http://www.erlang.org, disebutkan bahwa Erlang merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi bersifat real time system, dengan single assignment, dynamic typing, dan konkurensi. Pada awalnya bahasa Erlang digunakan di lingkungan Ericsson, salah satu pemain lama di dunia telekomunikasi, dan bahasa ini bersifat tertutup. Maka tidak heran jika ada yang menganggap bahwa Erlang merupakan singkatan dari Ericson Language. Padahal sejatinya bahasa pemrograman ini dibuat oleh ilmuwan komputer bernama Agner Krarup Erlang.
Tutorial ini akan membahas mengenai pengenalan bahasa Erlang, cara men-install-nya di Linux, serta demo sebuah program sederhana untuk sedikit mengenalkan Erlang ke pembaca.

Install Erlang di Linux

Erlang telah menyediakan file instaler untuk semua sistem operasi di situsnya dan dapat diunduh cuma – cuma (http://www.erlang.org/download.html). Tulisan ini dibuat dengan menggunakan Libre Office di distro Linux IGOS Nusantara (http://igos-nusantara.or.id/) dan editor teks nano di terminal. Sesuaikanlah dengan distro Linux ataupun sistem operasi yang anda pakai beserta editor atau IDEnya.
Karena berbasis Fedora/Red Hat, maka instalasi di distro linux IGOS Nusantara menggunakan perintah yum atau Gui di Yumex. Untuk distro Linux basis Debian/Ubuntu, gunakan perintah apt-get atau melalui GUI di Synaptic/Software Center. Untuk SUSE/Open SUSE dan turunannya gunakan perintah zypper atau melalui GUI di YAST. Sesuaikanlah dengan distro Linxu lainnya atau sistem operasi lainnya. Untuk Linux, anda harus menjadi root dulu (ketikkan su atau sudo su di terminal dan masukkan password root anda). Berikut untuk distro Linux IGOS Nusantara:

[certain-death@my-small-machine ~]$ su
Password:
bash-4.2#
bash-4.2# yum install erlang-ic

 Biarkan proses berjalan hingga selesai. Untuk proses instalasi ini sediakan koenksi internet (tutorial ini menggunakan koneksi internet dari modem USB Sierra 885U).
Proses Instalalasi Erlang

Memulai Coding Erlang

Saatnya memulai sebuah script Erlang. Berikan nama Halo dengan perintah untuk menampilkan sebaris kalimat saja. Mirip seperti standar Hello Word. Buatlah terlebih dahulu file bernama halo.erl
[certain-death@my-small-machine ~]$ touch halo.erl
[certain-death@my-small-machine ~]$ nano halo.erl

Isikan di dalamnya sebagai berikut :
% program awal : say halo doank wkwkwkwkwkk
-module(halo).
-export([start/0]).
 
start() ->
    io:fwrite("Halo, gue baru belajar erlang nih di linux, asyik\n").

Perhatikan, tanda % menyatakan komentar, sama seperti tanda # untuk beberapa komentar di bahasa pemrograman lainnya. Setelah selesai, tekan Ctrl X dan simpan (jika di editor Nano, sesuaikan dengan editor/IDE yang dipakai).
Coding di Nano Terminal
Coding di Nano Terminal

Compile dan Jalankan

Setelah Kini compile-lah, dengan cara sebagai berikut :
[certain-death@my-small-machine ~]$ erlc halo.erl
[certain-death@my-small-machine ~]$

Sukses compile-nya. Kini jalankan :)
[certain-death@my-small-machine ~]$ erl -noshell -s halo start -s init stop
Halo, gue baru belajar erlang nih di linux, asyik
[certain-death@my-small-machine ~]$

Compile Jalankan
Compile Jalankan

Penutup

Tutorial ini hanyalah sebuah pendahuluan untuk mengenalkan bahasa Erlang kepada pembaca. Penulis menyarankan agar pembaca (yang berminat), merujuk kepada referensi – referensi berikut, agar pemahaman makin sempurna :
http://www.thegeekstuff.com/2010/05/erlang-hello-world-example/
http://www.erlang.org/course/course.html
http://www.erlang.org/download/getting_started-5.4.pdf
Post a Comment

Back to Top