Add me on Google+
Add me on Facebook

Convert paket RPM ke Deb dengan “Alien”

Posted by Labels: at
Alhamdulilla FOSS-ID-GORONTALO kembali berkesempatan menulis tentang cara untuk melakukan convert file dengan ekstensi RPM (Redhat Package Manager) ke DEB (Debian package), mengapa harus mengconvert ??? ini awalnya merupakan pengalaman pribadi saya, karena sulitnya mencari library-library untuk sebuah paket yang sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah server failover, nah pada saat itu saya dan teman mengalami kesulitan, karena library yang dimintakan, tidak tersedia lagi di repository server debian,… sempat #diem sejenak… setelah #bengong 3-5 Jam. akhirnya kepikiran dengan trik ini… yaitu mencoba untuk mencari paket yang sama pada distribusi lainnya, salah satu yang jadi target utama adalah paket turunan REDHAT (RPM).
Setelah coba cari…alhamdulillah ketemu dengan library yang dibutuhkan, di repository Fedora, filenya masih berbentuk *.rpm, nah sampai disini sudah lega,…selanjutnya kita hanya tinggal menginstall aplikasi converternya, namanya “alien”, aneh bukan jika baca namanya ??? ya pikiran anda sama dengan saya :D
ok dijelaskan sedikit tentang apa dan bagaimana “alien”
Alien merupakan program converter yang mampu melakukan convert beberapa paket aplikasi seperti RPM, DPKG, Stampede slp, Slackware, dll. (itu hasil translate saya :D )
berikut kutipan dari tim pengembang “alien”
Alien is a program that converts between the rpm, dpkg, stampede slp, and slackware tgz file formats. If you want to use a package from another distribution than the one you have installed on your system, you can use alien to convert it to your preferred package format and install it.
perhatikan baris Quote yang saya tebalkan diatas, sudha jelas bukan fungsi dan manfaatnya… :D
ok lanjutkan dengan menginstall, ketikkan perintah berikut :
# sudo apt-get install alien
atau bisa mendapatkan paket alien melalui debian.source -> http://packages.debian.org/unstable/source/alien,
setelah proses installasi selesai, selanjutnya kita masuk ke tahapan UTAMA, yaitu proses convert, masuk ke direktori, tempat kita meletakkan file RPM, gunakan perintah berikut ;
# cd /foldertujuan
setelah masuk ke folder tujuan, pastikan file *.rpm, sudah ada didirektori tersebut dengan perintah -> “ls”. selanjutnya jalankan perintah berikut untu
# sudo alien -k -d namafile.rpm
Catatan :
Makna dari parameter -d yaitu, bahwa file hasil output yang kita harapkan adalah file dengan paket *.deb. untuk keterangan lebih lanjut tentang penggunaan parameter fungsi “alien” bisa dengan mengetikkan perintah -> man alien.
selanjutnya hasil output dari perintah diatas, akan menghasilkan 1 file baru dengan nama -> namafile.deb, selanjutnya silahkan dieksekusi seperti biasanya :)
# sudo dpkg -i namafile.deb
cukup sederhana  dan mudah kan ???,
Sekian…semoga bermanfaat. apabila ada kesalahan mohon koreksi dan masukkannya.

Post a Comment

Back to Top